Tugas 2 - Kelas 9H

Kerjakan sesuai nomor soal yang telah ditentukan!!

13 komentar:

  1. ilham ramadhan4 Oktober 2017 08.13

    komuunikasi data dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi melainkan berupa gelombang elektromagnetk

    BalasHapus
  2. Afifah Azzahra4 Oktober 2017 08.13

    Autentikasi merupakan sebuah pengenalan peralatan, sistem operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer.
    tahan autentikasi adalah:
    1. autentikasi untuk mengetahui lokasi atau peralatan pada suatu sistem simpul jaringan. (data link layer dan network layer)
    2. autentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringa (transport layer)
    3. autentikasi untuk mengetahui proses yang sedang terjadi di suatu proses dimpul jaringan (season and presentation layer)
    4. autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan (aplication layer)

    BalasHapus
  3. Dalam kriptografi, proses utama yang paling banyak digunakan adalah enkripsi dan deksripsi. Enkripsi adalah proses yang digunakan untuk menyandi plaintext (teks terang) yaitu mengubah teks terang menjadi teks yang tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak (ciphertext). Sedangkan dekripsi merupakan proses kebalikannnya, yaitu mengubah ciphertext menjadi plaintext sehingga dapat dibaca oleh pihak yang berhak dengan menggunakan kunci yang sah. Idealnya ciphertext hasil enkripsi hanya dapat dibuka oleh pemegang kunci yang sah, akan tetapi sekarang ini banyak teknik – teknik yang digunakan untuk membobol ciphertext tanpa menggunakan kunci ataupun mendapatkan kunci secara tidak sah.

    BalasHapus
  4. salsa ramadhani4 Oktober 2017 08.16

    . Pengertian proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet. Dengan proxy, maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

    BalasHapus
  5. linda purnama sari4 Oktober 2017 08.16

    Gateway merupakan sebuah perangkat dalam komputer yang difungsikan untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer dengan satu jaringan komputer yang lain atau lebih yang menggunakan protocol informasi yang tidak sama.

    BalasHapus
  6. 1. Kabel Coaxial

    Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar.

    2. Kabel Twisted Pair

    Kabel twisted pair merupakan kabel jaringan yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan.

    3. Kabel Fiber Optik

    Tidak seperti dua kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis.

    BalasHapus
  7. 1. Kabel Coaxial

    Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.

    Saat ini kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor.

    Bagian-bagian kabel coaxial ialah sebagai berikut.

    Isolator luar (outer jacket) yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel.
    Pelindung atau disebut juga grounding (barided copper shielding) yang merupakan serabut kabel terpilin bersilang yang berfungsi mengantisipasi frekuensi listrik yang tidak diinginkan.
    Isolator dalam (plastic insulation) yang merupakan kulit pelapis kabel konduktor.
    Konduktor (copper cunductor) merupakan inti kabel tunggal atau serabut yang berfungsi sebagai medium transmisi data.

    2. Kabel Twisted Pair

    Kabel twisted pair merupakan kabel jaringan yang didalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan. Sama seperti kabel coaxial, cara kerja dari kabel Twisted Pair adalah dengan mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel twisted pair ini terbagi atas jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).

    STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. UTP adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilin mirip kabel telepon.

    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

    Untuk Kabel Twisted pair sendiri jangkauannya tidak lebih jauh dari 100meter, Kecepatannya bervariasi mulai dari 10 Megabit per detik sampai 10000megabit/detik atau 10 Gigabit per detik

    3. Kabel Fiber Optik

    Tidak seperti dua kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya. Kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan.

    Makanya tidak heran bila transmisi kabel ini lebih cepat dibandingkan dengan dua kabel sebelumnya. Salah satu kelemahan kabel ini adalah gangguan (noise) yang sering terjadi apabila tertekuk walaupun hanya sedikit.

    Bagian-bagian kabel fiber optik adalah sebagai berikut.

    Pelindung kabel (cable jacket) yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel.
    Pelindung fiber (strengthening fibers) berfungsi menjaga kabel dari benturan keras.
    Lapisan plastik (coating) berfungsi menjaga kabel dari tekukan.
    Lapisan tipis (cladding) berfungsi sebagai pembatas yang memuat gelombang cahaya sehingga data dapat ditransmisikan.
    Fisik medium utama (core) berfungsi sebagai medium transmisi data.

    Itulah beberapa jenis kabel jaringan komputer. Kabel coaxial biasanya digunakan untuk topologi bus. INstallasi CCTV juga biasanya menggunakan kabel coaxial. Jenis kabel fiber optik biasanya untuk tipe jaringan yang besar. Kabel UTP lebih cocok untuk installasi jaringan LAN.

    BalasHapus
  8. Rifki Arif NUrkiyansah4 Oktober 2017 08.19

    Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien.

    BalasHapus
  9. fanessa lee moonisa4 Oktober 2017 08.19

    Media transmisi

    Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

    BalasHapus

  10. Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yaitu kripto dan graphia. Kripto artinya menyembunyikan, sedangkan graphia artinya tulisan. Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data .Tetapi tidak semua aspek keamanan informasi dapat diselesaikan dengan kriptografi.
    Kriptografi dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni untuk menjaga keamanan pesan.

    Pada prinsipnya, Kriptografi memiliki 4 komponen utama yaitu: Plaintext, yaitu pesan yang dapat dibaca Ciphertext, yaitu pesan acak yang tidka dapat dibaca Key, yaitu kunci untuk melakukan teknik kriptografi Algorithm, yaitu metode untuk melakukan enkrispi dan dekripsi
    Kemudian, proses yang akan dibahas dalam artikel ini meliputi 2 proses dasar pada Kriptografi yaitu: Enkripsi (Encryption) Dekripsi (Decryption) dengan key yang digunakan sama untuk kedua proses diatas. Penggunakan key yang sama untuk kedua proses enkripsi dan dekripsi ini disebut juga dengan Secret Key, Shared Key atau Symetric Key Cryptosystems.Berikut adalah ilustrasi 4 komponen dan 2 proses yang digunakan dalam teknik kriptografi.

    BalasHapus
  11. Nazmi safril Alisya4 Oktober 2017 08.23

    Kata Gateway pada dasarnya merupakan frasa kata yang berasal dari bahasa Inggris yaitu kata gate yang artinya gerbang ataupun pagar pembatas dan kata way yang artinya merupakan sebuah jalan. Jika diartikan dari frasa katanya, maka kata gateway dapat diartikan sebagai gerbang pembuka jalan.

    BalasHapus
  12. Muhammad Daffa Adnil Ilyassa4 Oktober 2017 08.23

    Autentikasi merupakan sebuah pengenalan peralatan, sistem operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan komputer.
    tahan autentikasi adalah:
    1. autentikasi untuk mengetahui lokasi atau peralatan pada suatu sistem simpul jaringan. (data link layer dan network layer)
    2. autentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringa (transport layer)
    3. autentikasi untuk mengetahui proses yang sedang terjadi di suatu proses dimpul jaringan (season and presentation layer)
    4. autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan (aplication layer)

    BalasHapus
  13. aprilia kusniati4 Oktober 2017 08.35

    1. kabel coaxial
    2. kabel twisted pair
    3. kabel fiber optik

    BalasHapus

Untuk menambahkan gambar pada komentar, gunakan code berikut:
"["img"]" paste alamat gambar disini "["/img"] "